Iklan

pasang iklan

Wednesday, February 5, 2020

5 PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH DUNIA

5 PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH DUNIA 

Hai teman - teman ini adalah artikel pertama di blog saya dan disini saya akan membahas tentang "5 Penemu Paling Terkenal Dalam Sejarah Dunia". Dalam pembahasan ini kita akan mengetahui beberapa penemu paling terkenal dalam sejarah dunia yang pastinya akan menambah ilmu atau wawasan kalian tentang penemu - penemu terkenal di dunia. Let's to the Materi guys :


1. Albert Einstein

PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH BAG.1

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar pada abad ke-20. Dia mengungkapkan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik. dan pengabdiannya bagi Fisika Teoretis.

Albert Einstein dilahirkan di Ulm, Kerajaan Wurtterberg, Kekaisaran Jerman pada tanggal 14 Maret 1879 dan meninggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat pada tanggal 18 April 1955, pada usia 76 tahun.

Pada tahun 1999, Einstein dinamakan "Tokoh Abda Ini" oleh Majalah Time dan untuk menghargainya sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein , sebuah unsur kimia dinamai einsteiniumdan sebuah asteroid dinamai 2001 einstein.

2. Thomas Alva Edison


PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH BAG.1

Thomas Alva Edison adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting di dunia.Pria yang lahir pada 11 Februari 1847 ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.

Ketika masih muda pada tahun 1870, Ia berhasil menemukan mesin telegraf menjadi lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan diatas pita kertas yang panjang. Pada tahun 1874, Ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting bagi ummat manusia.

Pada tahun 1877. ia berhasil menemukan Fonograf dan pada tahun 1879, ia menemukan lampu listrik dan proyektor untuk film-film kecil. Pada tahun 1882, ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan di rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York dan hal inilah untuk pertamakalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan sehingga pada tahun 1890, Ia mendirikan perusahaan General Electric.

Thomas Alva Edison dikenal sebagai seorang pencipta paling produktif pada masanya. Ia memegang rekor 1.093 hak paten atas namanya. Selain itu Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ia meninggal pada usia 84 tahun pada tanggal 18 Oktober 1931 dengan penemuannya yang sangat terkenal hingga sekarang bola lampu modern. 


3. Alexander Graham Bell

PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH BAG.1

Alexander Graham Bell adalah seorang Penemu Paling Terkenal Dalam Sejarah yang juga merupakan seorang ilmuwan, pencipta dan pendiri perusahaan telephone Bell. Selain karyanya dalam bidang teknologi, Ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidropoil. 

Bell dikenal sebagai penemu telepon pada tahun 1876 di Amerika Serikat. Tetapi pada Kongres AS pada Juni 2002, menetapkan bahwa Antonio Meucci yang menemukan telepon. Walaupun Alexander Graham Bell penemu telepon, Dia tidak pernah menelepon istri atau ibunya karena tuna runggu. 

4. Samuel F.B Morse

PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH BAG.1

Samuel Finley Breese Morse adalah seorang penemu paling terkenal di dunia asal Amerika Serikat. Selain sebagai seorang penemu, ia juga seorang pelukis. Namun ia lebih dikenal sebagai seorang penemu telegraf listrik yang bersama denga seorang asistennya Alexander Bain menciptakan alpabet khusus untuk digunakan di telegraf yang disebut kode Morse.

Ia mendapat inspirasi untuk membuat telegraf elektrik ketika melihat seorang penumpang di kapal yang ia tumpangi memperagakan elektromagnetik. Morse memperoduksi telegraf listrik pertama yang berguna pada tahun 1835. Pada tahun 1843, Ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari kongres untuk jalur eksperimen dari Washington D.C ke Baltimore dan pada tanggal 24 Mei 1844, Ia mengirimkan pesan pertama melalaui telegrafi Amerika. dari Washington D.C ke Baltimore dengan kode morse "What hath God wrought".


5. Galileo Galilei

PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH BAG.1

Galileo Galilei adalah seorang astronom, filsuf dan fisikawan berkebangsaan Italia yang terlahir di Pisa, Toscana 15 Februari 1554. Ia memiliki peran yang besar dalam revolusi ilmiah dan disebut sebagai "Bapak Astronomi Observasional", "Bapak Ilmu Fisika Modern", "Bapak Metode Ilmiah", dan "Bapak Ilmu Pengetahuan".

Sumbangan dalam keilmuwan antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, hukum gerak pertama dan kedua (Dinamika). Selain itu Galileo juga dikenal sebagai pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari dan matahari sebagai sistem tata surya.


Akibat pandanganya yang disebut itu dianggap melenceng dari keyakinan yang selama itu dianut oleh masyarakat maupun gereja, Ia diajukan ke pengadilan gereja Italia pada tanggal 22 Juni 1633. Pemikirannya tentang matahari sebagai pusat tata surya bertentangan dengan ajaran Aristoteles maupun keyakinan kepada gereja bahwa bumi adalah pusat alam semesta. 

Ia dihukum dengan pengucilan (tahanan rumah) sampai meninggal. di Arceti, Toscana, 8 Januari 1642. Dan baru pada tahun 1992, Paus Yohanes Paulus II menyatakan secara resmi bahwa keputusan penghukuman terhadap Galilei Galilei adalah salah. Kemudian dalam pidato pada tanggal 21 Desember 2008, Paus Benediktus XVI menyatakan bahwa Gereja Katolik Roma merehabilitasi namanya sebagai ilmuwan.

Menurut Stephen Hawking, Galileo dapat dianggap sebagai penyumbang terbesar bagi dunia sains modern. Hasil usahanya bisa dikatakan sebagai terobosan besar dari Aristoteles. Konfliknya dengan gereka katolik Roma (Peristiwa Galileo) adalah sebuah contoh awal konflik antara otoritas agama dengan kebebsan berpikirterutama dalam sains pada masyarakat barat.

Thanks for visiting my blog :)

No comments:

Post a Comment

Baca Juga

5 PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH DUNIA

5 PENEMU PALING TERKENAL DALAM SEJARAH DUNIA  Hai teman - teman ini adalah artikel pertama di blog saya dan disini saya akan membahas ten...